Posted by : Experience 4 All ! Jumat, 05 November 2010

Alhamdulillah blog ane akhirnya selesai juga. Entah ini blog keberapa, setelah ane ganti-ganti blog karena udah ga keurus dan akhirnya hancur. Buat postingan pertamax yang enak apa ya, jadi bingung..? (hehehe)
Oke, ane posting tentang tutorial sotosop photoshop aja deh. Kali ini ane pengen share Cara Merubah Warna Mata. Trik ini nggak susah kok. Tapi sedikit banyak membutuhkan kreativitas yang lumayan, soalnya agan harus mencari warna yang mantab supaya hasilnya maknyos...

Tanpa berbaso sapi (berbasa-basi maksudnya, maklum laper ni siang2 belum makan. lho kok jadi curhat...) langsung aja gan dicobain.

Pertama, buka object/foto yg pengen di ubah warna matanya di Photoshop dari menu File lalu pilih Open.



Step. 1



Terus sekarang kita seleksi bagian matanya, pake Pen Tool atau Magnetic Lasso Tool. Biar lebih mudah dalam seleksi, kita zoom aja dulu object/fotonya. Kalau sudah terseleksi, klik kanan di bagian yang sudah di seleksi tadi, lalu pilih Make Selection. Isi angka 0 pada Feather Radius.

Step. 2
Ulangi Step 2 untuk mata yang lainnya. Tapi untuk mata kedua, pada kotak dialog Make Selection pilih Add to Selection.

Setelah kedua mata terseleksi, copy area seleksi tadi (Edit > Copy kemudaian Edit > Paste) atau tekan Ctrl+C lalu Ctrl+V pada keyboard. Pada foto memang gak ada perubahan. Tapi lihat di layer pallete, sekarang kita punya 2 layer, yaitu layer background dan layer hasil copy-an tadi. Layer tadi kita rename aja untuk mempermudah dalam pengeditan. Disini saya rubah menjadi LayerMata.

Langkah selanjutnya, pilih layer mata (layer copy-an tadi). Lalu ubah warnanya dengan memilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation atau tekan ( Ctrl+U ). Klik pada pilihan colorize, kemudian aturlah nilai Hue dan Saturation sampai didapat warna yang diinginkan. Dibagian ini nggak harus ngikutin sama gambar punya saya. Pokoknya be creative lah...

Step 3

Kemudian atur juga tingkat kontras gambar, dengan memilih menu Image > Adjustment > Curves. Sekali lagi, disini yang penting kreatif aja. :D

Step 4


Dan hasilnya voilla, agan-agan sekalian mendapatkan mata yang indah bukan. Kalo belum, dicoba aja lagi OK!

Hasil


Trik ini juga bisa digunakan untuk mempercantik (retouch bahasa kerennya) foto. Kan sering tuh kasus kalo kita memotret orang yang lagi didalam ruangan matanya berubah jadi merah (red eye). Untuk mengakali masalah tersebut, biasanya Digital Camera zaman sekarang sudah mampu mengurangi efek red eye tersebut. Tapi namanya juga teknologi pasti masih ada cacatnya, nah pada saat itulah trik ini sangat membantu. Dan bukan cuma mata yang bisa kita re-color, bagian lain seperti rambut dan bibir juga bisa kita ubah warna nya dengan tehnik ini.

Semoga bermanfaat ya, dan ingat be creative...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Experience 4 All - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -